Covid-19 di Gunungkidul Mulai Terkendali, BOR Rumah Sakit Rujukan di Bawah 85 Persen

Antara · Kamis, 29 Juli 2021 - 20:00:00 WIB
Covid-19 di Gunungkidul Mulai Terkendali, BOR Rumah Sakit Rujukan di Bawah 85 Persen
RSUD Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan di Kabupaten Gunungkidul mulai terkendali. Dinas Kesehatan mencatat antara 80 sampai dengan 85 persen dari 152 bed yang disediakan. 

“BOR-nya antara 80 sampai 85 persen, ini sudah mulai dapat dikendalikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty Kamis (29/7/2021). 

Saat ini kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan sebanyak 152 unit baik di rumah sakit negeri maupun swasta. Penambahan terus dilakukan di RSUD Wonosari yang menjadi rujukan utama, selain RSUD Saptosari. 

Dewi mengatakan, beberapa waktu lalu keterisian bed sempat penuh bahkan overload. Jumlah pasien melebihi kapasitas yang ada, sehingga pasien yang tidak mendapat bed tetap mendapatkan pelayanan. Pasien ini selanjutnya dirujuk ke puskesmas yang mampu menangani atau dengan skema isolasi mandiri (isoman).

Selain keterbatasan tempat tidur, juga banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Mulai dari direktur hingga jajaran ke bawah banyak yang terpapa.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2