Desa di Bantul Diminta Sediakan Dana Pengolahan Sampah

Antara · Senin, 14 November 2022 - 20:32:00 WIB
 Desa di Bantul Diminta Sediakan Dana Pengolahan Sampah
Kondisi TPST PIyungan Bantul. (foto : MPI/Erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id -  Pemerintah desa di Kabupaten Bantul diminta menyediakan dana untuk menyosialisasikan upaya penanganan sampah. Selain untuk sosialisasi pemerintah desa juga dimintamengadakan sarana pengolahan sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho  meminta desa untuk mengalokasikan anggaran untuk penanganan sampah. 

"Mohon kelurahan agar mengalokasikan anggaran misalnya untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pengurangan volume sampah serta untuk penambahan sarana dan prasarana pengolahan sampah," ujar Ari Budi Nugroho di Bantul, Senin (14/11/2022).

Budi Nugroho mengatakan, pemerintah desa bisa memanfaatkan sebagian dari dana Rp50 juta per pedukuhan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam program pemberdayaan masyarakat berbasis pedukuhan (P2MP) untuk mendukung pengolahan sampah di wilayah masing-masing. "Itu bisa diarahkan ke sana," ucapnya. 

Budi mengatakan bahwa dinas sudah mengundang 75 lurah di wilayah Bantul guna membahas upaya bersama untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan.

"Kita harus melakukan pengurangan sampah, berarti harus ada komitmen yang sama, jadi kelurahan harus bareng-bareng dengan kabupaten untuk melakukan edukasi, kelurahan yang paling dekat dengan pedukuhan-pedukuhan," ujar Budi.

Pemerintah Kabupaten Bantul juga meluncurkan program insentif kelurahan, yang salah satu indikatornya pengurangan sampah, guna meningkatkan upaya pengelolaan sampah.

"Syaratnya di pedukuhan-pedukuhan harus ada yang namanya PSM, pengelola sampah mandiri. Tidak harus bank sampah, yang penting di sana ada kelompok yang mengelola sampah, mau bank sampah, sedekah sampah, atau bentuk-bentuk yang lain," ucap Budi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: