Desember Umrah Mulai Dibuka, Jemaah yang Tertunda Keberangkatannya Jadi Prioritas

Widya Michella ยท Selasa, 30 November 2021 - 14:00:00 WIB
 Desember Umrah Mulai Dibuka, Jemaah yang Tertunda Keberangkatannya Jadi Prioritas
Pemerintah berjanji jemaah umrah yang sempat tertunda keberangkatannya akan diprioritaskan. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Alhamdulillah, pemerintah akan mulai memberangkatakan jemaah umrah mulai Desember 2021. Pemerintah berjanji jemaah yang sempat tertunda keberangkatannya akan diprioritaskan.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kini warga negara Indonesia (WNI) sudah diperbolehkan masuk ke Saudi Arabia tanpa melalui negara ketiga. Penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah juga dibuka sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh Arab Saudi.

"Yang pertama bagi jemaah umrah yang datang dari luar dengan menggunakan visa umrah dan telah disuntik dengan vaksin yang diakui oleh kerajaan Arab Saudi dosis lengkap dibolehkan untuk langsung melaksanakan umrah dan tidak diberlakukan penerapan karantina," ujar Yaqut saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR yang disiarkan secara daring, Selasa,(30/11/2021).

Dia menjelaskan ketentuan tersebut, bagi jemaah umrah yang telah divaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diakui oleh WHO diberlakukan karantina selama tiga hari. 

"Dan dalam masa karantina itu setelah 48 jam akan dilakukan tes PCR dan setelah dinyatakan negatif langsung dibolehkan melaksanakan umrah," ucapnya.

Selain itu dia juga menjelaskan persiapan yang dilakukan terkait pemberangkatan jemaah umrah. Salah satunya, kata dia pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) terus berkoordinasi serta menyiapkan skema keberangkatan dengan melibatkan kementerian dan lembaga lain serta asosiasi penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: