Didominasi Kelompok Rentan, 182 Pengungsi Merapi di Sleman Masih Bertahan

Priyo Setyawan ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 13:48:00 WIB
Didominasi Kelompok Rentan, 182 Pengungsi Merapi di Sleman Masih Bertahan
Panewu Cangkringan, Suparmono berdialog dengan pengungsi lansia di barak pengungsian, Glagaharjo, Cangkringan Sleman. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Jumlah pengungsi Merapi yang bertahan di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman tercatat ada 182 orang. Mereka merupakan kelompok rentan yang terdiri dari lansia, anak-anak, ibu hamil dan kaum difabel.

“Sampai hari masih ada 182 pengungsi, dibanding dua hari lalu turun dua orang,” kata Panewu Cangkringan, Suparmono, Kamis (21/1/2021). 

Data di posko pengungsian Glagaharjo, pengungsi ini terdiri atas lansia 54 orang, anak-anak 24 orang, balita 2 orang, bayi 12 orang, ibu hamil 2 orang. Selain itu juga ada ibu menyusui 12 orang dan disabilitas 11 orang serta dewasa 63 orang. 

Sesuai rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan dan Geologi, arah erupsi Merapi ke barat daya. Warga ini tinggal di lereng tenggara yang cenderung lebih aman. BPPTKG juga mempersilakan pengungsi ketika hendak pulang ke rumah, karena tempat tinggal mereka juga lebih dari 3 km dari puncak. 

“Mayoritas yang bertahan adalah kelompok rentan, sedangkan yang dewasa sudah banyak yang kembali,” kata Suparmono.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2