Didominasi Klaster Keluarga, Satgas Covid-19 Banguntapan Bantul: Prokes Harus Dijalankan

Antara ยท Minggu, 31 Januari 2021 - 11:03:00 WIB
Didominasi Klaster Keluarga, Satgas Covid-19 Banguntapan Bantul: Prokes Harus Dijalankan
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Ist)

BANTUL, iNews.id – Penyebaran Covid-19 di Kecamatan/Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, kini banyak didominasi dari klaster keluarga. Warga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar kasus tidak menular kepada anggota keluarga yang lain.

“Akhir-akhir ini penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga. Ada juga dari tempat kerja dan pelaku perjalanan,” kata Camat Banguntapan yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Banguntapan, Fauzan Mu’arrifin, Minggu (31/1/2021). 

Fauzan minta masyarakat untuk mewaspadai potensi penularan di lingkungan keluarga. Jika ada gejala, apalagi ada fenomena pasien positif Covid-19 untuk melapor kepada satgas. Mereka yang bergejala juga harus tertib dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, yakni dengan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak. 

“Gejala yang umum adalah hilang indera penciuman dan perasa, pusing, batuk dan pilek, diare, muntah-muntah dan sebagainya,” ucapnya.

Memasuki masa kedua pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM), kasua Covid-19 di Kecamatan Banguntapan mencapai 1.032 kasus. Dari jumlah itu, 172 orang masih sakit, sebagian di rumah sakit, selter, dan ada yang karantina mandiri di rumah.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: