Diikuti 15.037 Peserta, UTBK UGM Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan

Heru Trijoko ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 13:30 WIB
 Diikuti 15.037 Peserta, UTBK UGM Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan
Pelaksanaan Ujian tulis Berbasis Komputer (UTBK) di UGM. (Foto : Humas UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) periode pertama di Universitas Gadjah mada (UGM) Yogyakarta diikuti 15.037 peserta, Senin (6/7/2020). Pelaksanaan ujian dilaksanakan dengan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelaksanaan UTBK ini dilaksanakan di 15 lokasi dan 52 ruangan yag tersebar di beberapa fakultas. Sebelum masuk ke ruangan, peserta wajib mencuci tangan, menggunakan masker, dan dicek suhu badannya. Selama proses ujian juga wajib menjaga jarak dengan peserta lainnya dan diawasi ketat oleh Satgas Covid-19 UGM.

“Meski dengan protokol kesehatan, pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan aman,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono, Senin (6/7/2020).

Setiap peserta juga wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter yang ada di fasilitas kesehatan pada saat mendaftar. Tahun ini UTBK dibagi dalam dua tahap, mulai 5-14 Juli untuk tahap pertama dan tahap kedua dari 20 sampai dengan 29 Juli. Setiap harinya ujian dilaksanakan dua sesi dengan peserta setiap sesi 8.000-an.

“Tempat duduk di kelas juga kita buat zigzag dan ada formula bahwa untuk luasan ruangan sekian, maksimum pesertanya sekian,” kata Panut.

Jika ada calon mahasiswa suhu badannya 38 derajat, akan diarahkan ke Fakultas Kedokteran dan melaksanakan ujian di sana.

Tahun ini, seleksi mahasiswa baru hanya mendasarkan pada tes potensi skolastik (TPS) atau mengukur kemampuan kognitifnya. Peserta hanya akan diukur dari kemampuan penalaran dan pemahaman umum.


Editor : Kuntadi Kuntadi