Dikembangkan di Tingkat RW, Kota Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran

Antara ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 13:18:00 WIB
Dikembangkan di Tingkat RW, Kota Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran
petugas pemadam kebakaran mengedukasi warga cara memadamkan api. (Foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta memiliki 703 relawan pemadan kebakaran yang tersebar di seluruh RW. Mereka siap memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan dan penanganan kebakaran. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan, Program Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) merupakan program nasional yang diimplementasikan di daerah. Program ini dilakukan dengan basis setiap kaluahan memiliki 10 personel. 

”Di Kota Yogyakarta kami kembangkan hingga berbasis lingkungan Rukun Warga (RW) dengan minimal satu personel Redkar di setiap RW,” kata Octo, Senin (15/8/2022).

Di Kota Yogyakarta, terdiri atas 616 RW. Sedangkan jumlah relawan yang terbentuk ada 703 orang. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena sifatnya relawan.

Tugas mereka lebih mengedukasi masyarakat terkait bahaya kebakaran, dan upacaya pencegahan serta penanganan. Namun ketika terjadi kebakaran mereka akan menginformasikan kepada petugas agar penanganan kebakaran menjadi lebih cepat. 

"Redkar diminta membantu memberikan informasi mengenai lokasi kebakaran yang tepat, bagaimana kondisi akses jalan, hingga titik hidran terdekat," kata Octo.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: