Diserang Drone Berpeledak, Pentolan Taliban Pakistan Ini Tak Cedera Sedikit pun

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 17 Desember 2021 - 20:31:00 WIB
 Diserang Drone Berpeledak, Pentolan Taliban Pakistan Ini Tak Cedera Sedikit pun
Pentolan Taliban Pakistan berhasil lolos tanpa cedera dari serangan pesawat tak berawak alias drone berpeledak. (Foto : Reuters)

KARACHI, iNews.id – Nasib baik sedang berpihak kepada pentolan Taliban Pakistan ini. Dia berhasil lolos tanpa cedera dari serangan pesawat tak berawak alias drone berpeledak di sebuah rumah persembunyiannya di Afghanistan Timur. 

Peristiwa serangan itu diungkap oleh kelompok gerilyawan itu, Jumat (17/12/2021). Serangan itu sendiri terjadi pada Kamis (16/12/2021) malam itu terjadi sepekan setelah rusaknya kesepakatan gencatan senjata antara Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan pemerintah. Kelompok itu menuduh rezim Islamabad membunuh para pejuang TTP.

TTP adalah sebuah gerakan yang terpisah, tetapi memiliki akar yang sama dengan kelompok Taliban yang kini menjadi pemimpin baru Afghanistan. TTP dianggap menjerumuskan Pakistan ke dalam periode kekerasan yang mengerikan setelah dibentuk pada 2007.

Dua sumber TTP saat ini di Afghanistan mengatakan kepada AFP bahwa tokoh mereka bernama Maulvi Faqir Mohammad telah menjadi target serangan drone. Dia diserang saat berada di sebuah kompleks di Desa Chawgam di Provinsi Kunar, Afghanistan, yang berbatasan dengan Pakistan.

“Maulvi Faqir Mohammad tidak hadir pada saat itu... dua pejuang Tehreek-e-Taliban Pakistan terluka,” kata satu sumber.

Kompleks itu digunakan sebagai pangkalan oleh para pejuang TTP dari Pakistan yang melintasi perbatasan keropos dengan Afghanistan, katanya.

Maulvi ditangkap oleh rezim Kabul sebelumnya yang didukung AS. Dia menghabiskan bertahun-tahun di Penjara Bagram yang terkenal di Afghanistan. Akan tetapi, Maulvi dibebaskan setelah Taliban mengambil alih negara itu pada Agustus lalu.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: