Dishub Jogja Lakukan Jamasan Rambu Lalu Lintas

Antara ยท Jumat, 16 September 2022 - 17:59:00 WIB
 Dishub Jogja Lakukan Jamasan Rambu Lalu Lintas
Petugas Dishub Kota Yogyakarta membersihkan rambu lalu lintas dari vandalisme, Jumat (16/9/2022). (Foto : HO-Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta membersihkan rambu dari aksi vandalisme untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas (lalin). Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022. 

 Sekretaris Dishub Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto mengatakan pembersihan dilakukan dari simpang APPI hingga simpang Pojok Beteng Timur.

"Di ruas jalan tersebut banyak terjadi vandalisme terhadap rambu lalu lintas. Kami sebut pembersihan ini sebagai jamasan rambu,” katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Golkari, Jika rambu lalu lintas tersebut menjadi sasaran vandalisme, lanjut Golkari, maka tidak akan dapat berfungsi optimal dan bisa berpotensi membahayakan pengguna jalan atau terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kota Yogyakarta adalah kota tujuan wisata dan tentunya banyak pengendara yang datang dari lua kota. Jika rambu lalu lintas tidak berfungsi dengan baik, maka bisa saja menyebabkan wisatawan tersesat atau membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Misalnya, wisatawan akan tersesat atau melaju melawan arus lalu lintas karena rambu jalan satu arah tidak berfungsi optimal karena menjadi sasaran vandalisme.

Tindakan vandalisme yang paling sering dilakukan adalah menempel berbagai stiker dan mencoret rambu lalu lintas dengan cat semprot. “Pembersihannya dengan air sabun dan tinner,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: