Dispar DIY: ICTM 2020 Tunjukkan Yogyakarta Siap Jadi Destinasi MICE

Suharjono, Sindonews ยท Sabtu, 19 September 2020 - 07:07:00 WIB
Dispar DIY: ICTM 2020 Tunjukkan Yogyakarta Siap Jadi Destinasi MICE
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo saat memberi sambutan sosialisasi ICTM 2020 di Yogyakarta, Kamis (17/9/2020). (Foto: Sindonews/Suharjono).

YOGYAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) 2020 di Yogyakarta, 8-10 Oktober 2020. ICTM merupakan kegiatan gabungan dari lima program yakni talkshow, O2O buyer meet seller, buyer exchange forum, post tour dan seller workshop.

Lima proram tersebut akan diselenggarakan menjadi satu kegiatan. Sebanyak 30 korporasi direncanakan untuk diundang dalam event tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan, dipilihnya Yogyakarta untuk kegiatan ICTM merupakan keuntungan bagi industri pariwisata di DIY. ICTM merupakan kepercayaaan di tengah pandemi Covid-19.

“Ini kesempatan baik untuk menunjukkan jika Yogyakarta dan DIY mampu dan layak dijadikan sebagai destinasi MICE ,” kata Singgih saat memberikan sambutan pada sosialisasi ICTM di Yogyakarta, Kamis (17/9/2020).

Singgih menjelaskan, DIY pada 2019 mendapat dua penghargaan tentang MICE, yaitu best dan popular destinasi MICE. Untuk 2020, meski tidak ada penghargaan diraih, namun DIY sudah melakukan dan menyiapkan segala sesuatu dalam menghadapi pandemi, antara lain dengan membuat dan menciptakan ekosistem adaptasi kebiasaan baru

“Saya berharap yang bergerak di ekosistem MICE tetap menjaga implementasi protokol kesehatan Covid-19 dan menunjukkan memang siap sebagai destinasi MICE,” ucap Singgih.

Dia juga memberikan apresiasi kepada industri pariwisata yang selama ini tetap konsten dengan penerapan protokol kesehatan tersebut. Sebab dengan cara ini, pariwisata tetap berjalan dan para pelaku serta pengunjungnya tetap sehat. Jika sekarang ekonomi dan kesehatan harus beriringan berjalan, dengan itulah caranya.

“Jangan kendorkan protokol kesehatan yang telah kita sepakati bersama. Tegakkan secara konsisten dalam menjaga ekosistem pariwisata tetap sehat semua,” ujarnya. Menurut Singgih, ICTM ini akan menjadi momentum yang baik.

Editor : Zen Teguh