Dorong Pengembangan Sastra, Jogja Gelar Lomba Dongeng Cerita Rakyat

Antara ยท Jumat, 08 Juli 2022 - 13:15:00 WIB
 Dorong Pengembangan Sastra, Jogja Gelar Lomba Dongeng Cerita Rakyat
Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar lomba mendongeng cerita rakyat. (Foto Ilustrasi : Antara/HO Dinas Kebudyaan Kota Yogya)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar lomba mendongeng cerita rakyat. Langkah ini sebagai upaya mendorong pengembangan sastra melalui media cerita yang disampaikan secara verbal.

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Ismawati Retno mengatakan potensi cerita rakyat berbasis folklore sangat menarik untuk dijadikan objek sastra dengan cara mendongeng. 

"Potensi ini yang kami upayakan untuk terus dimunculkan dan dikembangkan, salah satunya dengan lomba,” kata Ismawati Retno di Yogyakarta, Jumat (8/7/2022).

Menurut dia, lomba mendongeng tersebut terbuka untuk seluruh warga Kota Yogyakarta yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP atau KIA dan tidak ada batasan usia.

Calon peserta bisa melakukan pendaftaran mulai 18-30 Juli yang dilakukan secara daring melalui tautan atau link yang nantinya diinformasikan di akun Instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, @dinaskebudayaankotajogja.

“Kami memberikan informasi awal karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pendaftaran, salah satunya naskah dan rekaman mendongeng dengan bahasan Indonesia maksimal 10 menit,” katanya.

Naskah dikirim disertai surat pernyataan keaslian dan video rekaman dikirim tanpa proses editing.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: