DPRD DIY Minta Ahli Kesehatan Dilibatkan Sebelum New Normal Diterapkan

Gunanto Farhan ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 13:00 WIB
DPRD DIY Minta Ahli Kesehatan Dilibatkan Sebelum New Normal Diterapkan
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Triyudiana (Foto: Dok DPRD DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pemerintah menggandeng para ahli kesehatan dalam mempersiapkan kebijakan new normal. Rencananya kebijakan ini akan diberlakukan mulai Juli mendatang. 

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Triyudiana mengapresiasi atas target yang telah dicanangkan pemda DIY. Kebijakan ini harus dipersiapkan sejak dini. Salah satunya menggandeng kalangan dan ahli kesehatan yang lebih kompeten dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Para ahli kesehatan harus dilibatkan untuk menjalankan kebijakan itu,” ujar Huda, di DPRD DIY, Jumat (29/5/2020).

Pemda DIY juga harus menyiapkan perangkat dan alat bantu dalam menjalankan protokol Covid-19. Ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona dalam masa pandemi saat ini.

Kata politisi PKS ini, Covid-19 merupakan bencana kesehatan. Tidak hanya fasilitas umum, tempat pariwisata, pasar maupun sekolah juga harus memberlakukan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan dengan sabun. 

“Berbagai macam perangkat atau alat bantu terkait protokol kesehatan harus dipersiapkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

DPRD DIY juga meminta instansi terkait untuk melakukan sosialisasi guna pencegahan penularan virus corona kepada masyarakat. Sosialisasi ini haris dilakukan secara masif agar tersampaikan di semua lapisan masyarakat.

“Sosialisasi penting, agar masyarakat paham apa itu new normal dan apa yang harus dilakukan,” katanya.

Hingga kini, kasus Covid-19 di DIY per 27 Mei 2020, tercatat ada 228 kasus positif dan 8 kasus kematian. Sedangkan pasien sembuh mencapai 143 orang. Dalam beberapa hari ini kasus penambahan juga landai.


Editor : Kuntadi Kuntadi