Dua Harimau Lepas dari Kebun Binatang, Pawang Tewas Diterkam

Antara · Sabtu, 06 Februari 2021 - 19:10:00 WIB
Dua Harimau Lepas dari Kebun Binatang, Pawang Tewas Diterkam
Harimau Sumatera bernama Elka, milik Sinka Zoo terpaksa ditembak mati petugas. (Foto: iNewsTv/Gusti Edy)

PONTIANAK, iNews.id - Dua ekor harimau Benggala milik Sinka Zoo, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar) lepas dari kandang. Harimau itu juga menyerang sang pawang hingga tewas. 

Pengurus Sinka Zoo Singkawang Elka Surya mengatakan, dua ekor harimau itu lepas  akibat faktor alam. 

"Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lobang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya menyebabkan kedua harimau itu kabur," kata Elka, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, pawang sudah berusaha untuk mencegahnya. Namun pawang tersebut justru diterkam oleh harimau itu hingga tewas.

Sementara itu  Sabtu (6/2/2021) Petugas gabungan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat (Kalbar), TNI, dan Polri terpaksa menembak mati satu dari dua harimau Benggala itu. Sedangkan satu harimau masih berkeliaran.

Kepala BKSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, proses pelumpuhan satwa buas tersebut terpaksa dilakukan dengan tembakan peluru tajam. Pasalnya, saat ditembak dengan obat bius, tidak memberikan pengaruh terhadap harimau Benggala tersebut.

"Terpaksa dilumpuhkan dengan peluru tajam karena menggunakan obat bius harimau itu akan menyerang dan dikhawatirkan membahayakan nyawa petugas dan masyarakat. Ini mengingat insting pemburunya sudah kembali," kata Sadtata.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2