Duh, Pria Positif Covid-19 di Bantul Ajak Anak Istri Pulang ke Madura Naik Motor

Suharjono, Sindonews ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 09:40 WIB
Duh, Pria Positif Covid-19 di Bantul Ajak Anak Istri Pulang ke Madura Naik Motor
Ilustrasi tes swab. (Antara)

BANTUL, iNews.id - Salah satu warga yang tinggal di Desa Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinyatakan positif Covid-19 dari hasil uji laboratorium. Namun, warga asal Madura, Jawa Timur tersebut menolak dan nekat pulang naik motor ke Madura bersama dengan anak istrinya.

Camat Dlingo Deny Ngajis Hartono mengatakan, kasus positif di Desa Terong, Dlingo ini berawal ketika satu keluarga kembali ke Desa Terong untuk persiapan berjualan. Keluarga ini datang pada Selasa (30/6/2020) lalu dan pada Kamis (2/7/2020) melakukan rapid test di puskesmas. Sebelum kasus corona merebak, keluarga ini memang biasa berjualan bubur kacang ijo di perempatan Terong.

Dari hasil rapid test, anaknya reaktif dan satu keluarga dilakukan tes swab kemudian mereka dikarantina di kawasan Gunung Mungker, Terong, Dlingo. Hasil tes swab menunjukkan sang bapak positif Covid-19.

"Ternyata bapaknya justru positif. Kemudian petugas datang untuk membawa ke rumah sakit di Bambanglipuro, Bantul. Namun dia menolak," kata, Kamis (9/7/2020).

Upaya membujuk terus dilakukan oleh Satgas Covid-19 kecamatan. Namun keluarga asal Madura tersebut tetap bersikukuh memilih pulang ke Madura.

"Akhirnya kita mengalah dan memilih mengawal satu keluarga yang mengendarai kendaraan bermotor dengan surat pernyataan tidak mau dirawat di Bantul," ucapnya.

Sekitar pukul 16.00 WIB satu keluarga yang terdiri atas empat jiwa pun meninggalkan rumah karantina dan dipantau tim Satgas Kecamatan sampai di Prambanan, Sleman.

"Kami mengawal dari jauh agar mereka tidak curiga kalau dipantau. Setelah lepas Prambanan kemudian tim balik kanan," katanya.


Editor : Nani Suherni