Dukung Giratori Malioboro, Pemkot jogja Bakal Bongkar Pembatas Jalan Suryotomo

Antara ยท Selasa, 16 November 2021 - 18:04:00 WIB
Dukung Giratori Malioboro, Pemkot jogja Bakal Bongkar Pembatas Jalan Suryotomo
Pemkot Jogja bakal membongkar pembatas jalan dan pohon perindang di Jalan Suryotomo. (foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id –  Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan melakukan penataan jalan pendukung Maliboro dengan membongkar pembatas jalan dan pohon perindang yang ada di Jalan Suryotomo. Penataan ini untuk mendukung pelaksanaan giratori Jalan Malioboro agar lebih nyaman bagi pengguna jalan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana mengatakan, penataan di Jalan Suryotomo sudah mulai dilakukan. Saat ini sedang mengecor tempat untuk tiang lampu penerangan jalan umum di sisi barat.

“Setelah pekerjaan selesai baru dilakukan pembongkaran pembatas jalan,” kata Hari, Selasa (16/11/2021).  

Program penataan jalan Suryotomo ini akan didanai dengan dana swakelola DPUPKP Kota Yogyakarta. Setidaknya panjang jalan yang akan direvitalisasi ini mencapai 900 meter. Pohon perindang di sepanjang pembatas jalan akan dipindahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Penebangan pohon perindang ini akan dilakukan setelah lampu penerangan di sisi barat jalan berfungsi dengan baik. Pekerjaan selanjutnya penataan trotoar di sisi barat dan timur. Trotoar akan direvitalisasi agar memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki.

“Pekerjaan penataan trotoar akan dilakukan pada 2022. Kami mengusulkan melalui dana alokasi khusus (DAK) yang nilainya sekitar Rp3 miliar,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: