Eks Napiter Kembali ke Gunungkidul Janji Rawat Orang Tuanya

Kismaya Wibowo · Rabu, 19 Mei 2021 - 16:35:00 WIB
Eks Napiter Kembali ke Gunungkidul Janji Rawat Orang Tuanya
Mantan napiter kembali ke Gunungkidul usai bebas dari menjalani narapidana. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.idMantan narapidana kasus terorisme (napiter) Suyata (46) warga Girisekar, Panggang, Gunungkidul kembali ke kampung halamannya, Selasa (18/5/2021). Dia divonis 10 tahun penjara, namun mendapatkan remisi tiga tahun dan dinyatakan bebas pada 14 Mei lalu. 

“Alhamdulillah, bisa bebas lebih cepat. Ini merupakan kesempatan bagi saya untuk lebih memperbaiki diri,” katanya kepada wartawan. 

Suyata tiba di rumah orang tuanya diantar petugas dari Densus 88 Antiteror. Selanjutnya dia diserahkan kepada kalurahan, dengan disaksikan Bhabinkamtibmas serta dari Babinsa dan sejumlah tokoh masyarakat.  

Begitu tiba, kedua orang tuanya, Muginem dan Kardi Wiyono tak kuasa menahan haru. Tangis mereka pun pecah saat merangkaul Suyata yang lama berpisah dan tidak bertemu dengan keluarganya. 

Suyata sempat terlibat dalam pengeboman Pasar Tantena di Poso pada 2005 silam. Dia sempat bergabung dengan kelompok MIT dan merupakan alumni Camp Pelatihan Moro Philipina. Dia akhirnya tertangkap dan dipidana 10 tahun penjara di Lapas Kelas 1 Bandar Lampung. Dia akhirnya dinyatakan bebas pada 14 Mei 2021, setelah mendapat remisi 3 tahun.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3