Eksploitasi Lahan Pesisir Kulonprogo Akibatkan Habitat Penyu Hilang

Antara ยท Rabu, 28 September 2022 - 17:45:00 WIB
Eksploitasi Lahan Pesisir Kulonprogo Akibatkan Habitat Penyu Hilang
Tukik yang berhasil ditetapkan oleh kelompok Konservasi Penyu Abadi di Kulonprogo. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Jumlah penyu yang mendarat dan bersarang di pesisir selatan Kulonprogo semakin sedikit. Banyak eksploitasi kawasan pesisir membuat habitat penyu hilang. 

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Penyu Abadi di Pantai Trisik, Edi Yulianto mengatakan, sepanjang kawasan pantai selatan Kulonprogo dulu menjadi tempat penyu bersarang dan bertelur. Mulai dari ujung barat di pesisir Pantai Congot hingga di timur di Pantai Trisik. 

“Dulu kawasan selatan Kulonprogo menjadi tempat ideal bagi penyu bertelur,” kata dia, Rabu (28/9/2022). 

Namun kondisi saat ini berbeda dengan dulu. Kawasan pantai selatan sudah banyak berubah fungsi, dengan banyaknya aktivitas manusia dan tambak udang. Akibatnya lokasi penyu bersarang juga semakin sedikit, tinggal di Pantai Trisik, Pantai Bugel dan Pantai Congot. 

“Kami terus menjaga agar penyu mendarat dan bertelur. Masyarakat harus ikut menjaga kebersihan dan kenyamanan pesisir,” katanya. 
  
Saat ini penyu yang sering mendarat tinggal jenis lekang. Dalam sekali bertelur bisa menghasilkan telur 60-180 butir untuk sekali tetas. 

“Kami mengamankan telur-telur itu untuk ditetaskan, dan ketika menjadi tukik kami lepas liarkan. Harapannya tukik kembali ke darat untuk bertelur,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: