Erupsi Merapi Tak Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan di Sleman

erfan erlin ยท Senin, 14 Maret 2022 - 18:52:00 WIB
Erupsi Merapi Tak Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan di Sleman
Jip wisata masih beroperasi usai erupsi Merapi. (Foto : MNC Group/erfan erlin)

SLEMAN, iNews.id – Penutupan sejumlah destinasi wisata di lereng Gunung Merapi Sleman, tidak menyurutkan wisatawan untuk datang. Ribuan wisatawan tetap berdatangan ke sejumlah objek wisata.  

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan, pihaknya sempat khawatir dengan kondisi Gunung Merapi yang memuntahkan awan panas guguran akan menyebabknya pariwisata akan mati suri. Apalagi kawasan rawan bencana (KRB) diperluas hingga lima kilometer. 

“Kalau melihat TV itu kan kesannya semua ditutup, padahal kan tidak. Ada sebagian yang boleh dikunjungi,” katanya Senin (14/3/2022).

Hal ini juga dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata Sleman jika tidak semua obyek wisata di Kabupaten Sleman ditutup. Surat edaran inipun menjadi penyelamat kunjungan wisatawan pada akhir pekan kemarin. 

“Memang saat erupsi ada yang membatalkan kunjungan ke Sleman dan pemesanan layanan rumah makan di lereng Merapi,” katanya. 
 
Dari data yang ada, sebelum adanya erupsi, jumlah wisatawan berkunjung ke kawasan Kaliurang pada Sabtu (6/3/2022) sebanyak 2.257 wisatawan dan Minggu (7/3/2022) sebanyak 4.902 wisatawan. Sementara itu, pada Sabtu (12/3/2022) sebanyak 1.896 wisatawan dan Minggu (13/3/2022) sebanyak 3.657 wisatawan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: