Finlandia-Swedia Masuk NATO, Putin Sebut Hubungan Rusia dan 2 Negara Itu Bisa Memburuk

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 08:49:00 WIB
 Finlandia-Swedia Masuk NATO, Putin Sebut Hubungan Rusia dan 2 Negara Itu Bisa Memburuk
Finlandia dan Swedia ingin bergabung dengan NATO. Rusia menyebut hubungan dengan dua negara itu bisa memburuk dengan keanggotan mereka di NATO. (Foto bendera NATO : Reuters)

MOSKOW, iNews.id –  Finlandia dan Swedia ingin bergabung dengan NATO. Presiden Rusia Vladimir Putin Rusia menyebut tak mempersoalkan hal itu.

Namun, Putin mengingatkan jika hubungan Rusia dengan dua negera itu bisa memburuk karena keanggotaan mereka di NATO. Padahal selama ini hubungan Rusia dengan dua negara itu selama ini baik-baik saja.

Moskow berjanji memberikan respons dengan cara yang sama jika blok militer militer pimpinan AS itu menempatkan pasukan dan infrastrukturnya di dua negara Baltik tersebut.

“Dengan Swedia dan Finlandia, kami tidak memiliki masalah (seperti) yang kami miliki dengan Ukraina. (Jika) mereka ingin bergabung dengan NATO, silakan,” kata Putin kepada televisi Pemerintah Rusia, Rabu (29/6/2022).

“Tetapi mereka (Swedia dan Finlandia) harus memahami bahwa tidak ada ancaman sebelumnya. Sementara sekarang, jika kontingen militer dan infrastruktur (NATO) dikerahkan di sana, kami harus merespons dengan baik dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah dari mana ancaman terhadap kami diciptakan,” ucapnya.

Dia mengatakan, tidak dapat dihindari bahwa hubungan Moskow dengan Helsinki dan Stockholm akan memburuk karena keanggotaan mereka di NATO.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: