Gandeng UNY, KBRI Beijing Gelar Pelatihan Bahasa Mandarin bagi Kepala Sekolah

Kuntadi ยท Selasa, 16 November 2021 - 07:38:00 WIB
Gandeng UNY, KBRI Beijing Gelar Pelatihan Bahasa Mandarin bagi Kepala Sekolah
Duta besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun mmebuka pelatihan Bahasa Mandari bagi kepala sekolah. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing menggelar pelatihan Bahasa Mandarin bagi kepala sekolah mulai 15 November sampai 3 Desember. UNY kembali dipercaya menggelar pelatihan bekerja sama dengan Asean China Centre dan BFSU (Beijing Foreign Studies University). 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun mengatakan, kegiatan ini untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan Tiongkok, khususnya di bidang people-to-people. 

“Hubungan politik, keamanan, ekonomi bisa top and down, tapi bila hubungan people-to-people kuat maka imbal baliknya akan sangat cepat,” kata Djauhari Oratmangun saat membuka pelatihan secara virtual, Senin (15/11/2021). 

Kerja sama seperti ini bisa dikembangkan ke bidang kebudayaan dan pendidikan, agar hubungan kedua negara semakin baik. Sangat mungkin akan berimplikasi terhadap bidang lain seperti politik, ekonomi maupun keamanan. Apalagi Tiongkok menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar di Dunia. 

“Semakin mengenal budayanya dan mengetahui bahasanya akan memberikan manfaat yang lain,” katanya.

Direktur Pendidikan Profesi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Praptono mengatakan, sekolah di Indonesia sedang bertransformasi ke sistem pendidikan yang concern pada perbaikan kualitas pendidikan. Khususnya dalam bidang outcome siswa pada bidang literasi, numerasi dan pendidikan karakter. 

“Kami punya agenda meningkatkan kualitas mengajar yang merupakan salah satu kunci meningkatkan hasil pembelajaran,” ujar Praptono.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: