Ganjil Genap di Kawasan Malioboro Diterapkan saat Volume Kendaraan Meningkat

Antara ยท Sabtu, 25 September 2021 - 09:43:00 WIB
Ganjil Genap di Kawasan Malioboro Diterapkan saat Volume Kendaraan Meningkat
Kebijakan ganjil genap di Malioboro akan diberlakukan tentatif. (Foto Ilustrasi : Okezone)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kebijakan ganjil genap untuk kendaraan yang melintas di kawasan utama wisata di Yogyakarta, Malioboro, akan diberlakukan pada akhir pekan. Ganjil genap itu akan diterapkan secara tentatif saat volumen kendaraan meningkat.

“Jadi, penerapannya tidak mengacu pada waktu tertentu atau ada pembatasan jam pemberlakuan ganjil genap. Kebijakan itu akan diterapkan secara tentatif,” kata Kepala Polresta Kota Yogyakarta, Komisaris Besar Polisi Purwadi W Anggoro, di Yogyakarta, Jumat (24/9/2021).

Menurut dia, kebijakan ganjil-genap untuk kendaraan di kawasan Malioboro akan diberlakukan saat volume kendaraan di jalan itu meningkat. 

“Begitu arus kendaraan padat, maka kebijakan ini akan diberlakukan. Tujuannya menyaring jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Malioboro. Khusus Jalan Malioboro saja,” katanya.

Kendaraan dengan pelat nomor kendaraan genap akan diizinkan melintas pada tanggal genap dan pelat nomor kendaraan ganjil akan diizinkan melintas pada tanggal ganjil.

Namun demikian, ia memastikan hal itu tidak berlaku untuk kendaraan umum seperti TransJogja yang juga memiliki rute masuk ke Jalan Malioboro. “Kebijakan ini juga tidak berlaku untuk kendaraan kegawatdaruratan seperti ambulans dan mobil pemadam kebakaran, termasuk kendaraan dinas pemerintah daerah,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: