Garis Pantai Cukup Panjang, Ternyata Tingkat Konsumsi Ikan di Gunungkidul Masih Rendah

erfan erlin ยท Selasa, 01 November 2022 - 15:40:00 WIB
Garis Pantai Cukup Panjang, Ternyata Tingkat Konsumsi Ikan di Gunungkidul Masih Rendah
Kampanye gemar makan ikan idi SD Nanas, Girijati, Purwosari, Gunungkidul. (Foto : Ist)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Panenan ikan di wilayah Gunungkidul cukup melimpah. Ironisnya Gunungkidul yang memiliki garis pantai sepanjang 78 kilometer ternyata minat masyarakatnya untuk mengkonsumsi ikan masih sangat minim.

Kepala Bidang Tangkap, Dinas Perikanan dan Kelautan Gunungkidul, Wakhid Supriadi mengatakan saat ini hasil tangkapan nelayan Gunungkidul cukup banyak. Pihaknya mencatat jumlah tangkapan ikan nelayan Gunungkidul 464.000 ton ikan.

Ke depan kemungkinan besar tangkapan akan semakin banyak karena pemerintah kini tengah menyelesaikan proyek pembangunan Pelabuhan Gesing yang berada di Kapanewon Panggang. Tentu kondisi ini dapat meningkatkan hasil tangkapan.

"Kalau fasilitas memadai tentu tangkapan ikan dari nelayan semakin meningkat,"kata dia, Selasa (1/11/2022).

Hanya saja, dia mengakui konsumsi ikan di Gunungkidul sendiri masih sangat minim. Jika diprosentase masih di angka 27,4 persen ini masih belum sesuai dengan harapan dari pemerintah.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gunungkidul menggelar kampanye makan ikan. Kampanye ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk mengetahui pentingnya makan ikan. 

"Kami terus menggelorakan kampanye makan ikan. Karena ikan memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan,"kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: