Gelar Bazar, Pemkab Bantul Dukung Kebangkitan UMKM dari Keterpurukan Akibat Covid-19

Antara ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 22:25:00 WIB
Gelar Bazar, Pemkab Bantul Dukung Kebangkitan UMKM dari Keterpurukan Akibat Covid-19
Wabup Bantuk Joko Pyrnomo melihat salah satu produk UMKM yang dipamarkan dalam bazar di pantai Gua Cemara. (Foto: antara)

BANTUL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bantul, menggelar bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jempolan pada 13 dan 14 Agustus. Ini merupakan upaya mendorong pelaku UMKM bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Bazar UMKM Jempolan ini bisa menjadi pemacu semangat pelaku UMKM di Bantul untuk bangkit setelah terpuruk karena kondisi pandemi Covid-19," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Minggu (14/8/2022).

Bazar UMKM Jempolan yang digelar di kawasan wisata Pantai Goa Cemara. Setidaknya ada 40 pelaku UMKM asal Bantul yang dilibatkan. Dinas juga akan mendapingi pelaku UMKM agar bisa bergerak cepat, naik kelas, untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. 

”Semua OPD (organisasi perangkat daerah) harus siap untuk melakukan komunikasi dan pendampingan kepada UMKM agar naik kelas dan sejahtera," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana mengatakan, peserta bazar UMKM tersebut merupakan peserta terpilih. Sebelumnya mereka telah melakukan seleksi dari keseluruhan UMKM pendaftar sejumlah 80 orang.

"Dari jumlah 40 pelaku UMKM ini nantinya akan dipilih enam pengusaha yang akan mendapatkan penghargaan UMKM Award," katanya.

Selain Bazar UMKM dari berbagai sektor seperti fashion, kerajinan, dan makanan, kegiatan juga dimeriahkan dengan lomba edukatif untuk anak-anak, senam massal, dan seminar digitalisasi UMKM.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: