Dikirim ke Jokowi, Sembung Batik Ciptakan Pusaka Batik Merah Putih Sepanjang 77 Meter

Kuntadi ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 11:52:00 WIB
Dikirim ke Jokowi, Sembung Batik Ciptakan Pusaka Batik Merah Putih Sepanjang 77 Meter
Perajin batik di Kulonprogo membuat Pusaka Batik berupa batik merah putih sepanjang 77 meter. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Seorang Perajin Batik di Kabupaten Kulonprogo Bayu Permadi menciptakan Pusaka Batik berupa kain batik dengan motif abstrak berwarna merah putih sepanjang 77 meter. Kain batik ini akan dikirimkan ke Presiden Jokowi dan harapan bisa dipajang dalam Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77. 

Pembuatan kain batik ini cukup unik, karena melibatkan sekitar 77 orang. Mereka merupakan karyawan dan bagian produksi di Sembung Batik yang ada di Sembungan, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo. Kain ini dibentangkan dan dipegang di kedua sisinya agar memudahkan dalam proses pembuatan motif dan penggoresan malam. 

Bayu yang merupakan pemilik Sembung Batik ini dengan cekatan menggoreskan kuas pengganti canting di atas kain.  Tidak lebih setengah jam, dia menyelesaikan pembuatan motif dibantu salah satu karyawannya. Begitu kering, kain ini ditimpali dengan warna di setengah bagian agar tercipta warna merah putih. 

“Total panjangnya 77 meter sesuai peringatan Kemerdekaan Indonesia, kalau lebarnya 115 Sentimeter dan menghabiskan 10 kilogram malam dan 5 liter pewarna,” katanya, Minggu (14/8/2022). 

Ide ini untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia. Lantaran kain ini cukup sakral maka akan dipotong menjadi dua meteran. Salah satunya akan dijahit menjadi baju untuk dikirimkan ke Presiden Jokowi.
 
“Kami ingin batik tetap langgeng. Pemerintah harus memperhatikan batik sebagai salah satu budaya yang diakui Unesco,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: