Geliatkan Pariwisata Yogya, Masyarakat Diajak Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Heru Trijoko ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 18:27 WIB
Geliatkan Pariwisata Yogya, Masyarakat Diajak Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan
PT TWC Persero menggela kampanye disiplin protokol kesehatan agar pariwisata di DIY kembali bangkit. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id  – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Persero menggelar kampanye ready for safe tourism, dengan mengajak masyarakat dan wisatawan lebih sadar dan peduli terhadap protokol kesehatan. Upaya ini untuk menggeliatkan pariwisata di Yogyakarta yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

Kampanye ini diawali dengan konvoi menggunakan grabwheels dan sepeda ontel dari karyawan PT TWC, pengemudi ojek online, kepolisian dan dari pelaku wisata. Konvoi dimulai dari Universitas Gajah Mada (UGM) menuju tugu Yogyakarta.

“Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Dirut PT TWC Persero Edy Setijono, di sela-sela kegiatan, Minggu (28/6/2020).

Protokol kesehatan, seperti cuci tangan dengan sabun, mengenakan masker hingga menjaga jarak harus dilakukan di tempat umum titik-titik kumpul atau di objek wisata. Hal ini untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

“Kami ingin Covid-19 segera berhenti ekonomi pulih dan pariwisata bangkit lagi,” katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, perlu peran aktif dari masyarakat. Pemerintah telah menyiapkan sarana pendukung untuk cuci tangan dan pembatasan masyarakat di tempat publik. Disiplin melaksanakan protokol kesehatan, menjadi kunci agar pariwisata di Yogyakarta kembali kembali.

Selain konvoi, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi dan pembagian kaos bagi pengunjung atau wisatawan. Setiap orang harus mengisi identitas dan melakukan scan barcode untuk memudahkan petugas dalam melakukan tracing.

“Semoga Yogyakarta kembali normal dan seperti dulu dikunjungi wisatawan,” kata Eliza Putri Wijayanti, salah seorang wisatawan.

Pengunjung yang lain, Ivan mengaku sudah menerapkan protokol kesehatan. Selain mengenakan masker, dia juga membawa hand sanitizer dan menjaga jarak.

“Semuanya harus disiplin mematuhi protokol kesehatan agar bisa melawan Covid-19,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi