Jelang New Normal, Polres Kulonprogo Cek Penerapan SOP Protokol Kesehatan di Toserba

Kuntadi ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 16:34 WIB
Jelang New Normal, Polres Kulonprogo Cek Penerapan SOP Protokol Kesehatan di Toserba
Personel dari Polres Kulonprogo mengecek penerapan SOP protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 di salah satu toserba. Foto : Kuntadi/iNews.id

KULONPROGO, iNews.id – Tim supervisi Polres Kulonprogo mengecek penerapan protokol kesehatan di sejumlah fasilitas publik yang ada di Kabupaten Kulonprogo, dalam mencegah penularan Covid-19. Sejumlah toko serba ada (toserba), pasar tradisional, perbankan, tempat ibadah hingga bandara dievaluasi.

“Menjelang new normal ini semua toserba kita cek, SOP protokol kesehatannya apakah sudah sesuai atau belum,” kata Kasat Binmas Polres Kulonprogo AKP Sutarno Minggu (28/6/2020).

Mayoritas fasilitas publik ini sudah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir sabun maupun pengecekan suhu badan, jaga jarak dan penggunaan masker ataupun face shield. SOP ini tidak hanya diterapkan bagi pengunjung, namun juga seluruh pegawai juga wajib mentaati aturan ini.

“Semuanya sudah menerapkan, namun masih ada yang perlu dievaluasi dan disempurnakan,” ujarnya.

Polisi juga menyiapkan reward bagi pengelola yang menepakan SOP paling baik. Nantinya akan diberikan hadiah pada puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 juli mendatang.

Supervisor Toserba Sidoagung, Supiyanto mengatakan tokonya sudah mnejalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Setiap hari sebelum buka dan setelah tutup, dilakukan penyemprotan disinfektan.

Setiap pengunjung wajib mencuci tangan dan mengenakan masker. Sebelum masuk akan dilakukan pemeriksaan suhu, dan hanya dibatasi 100 orang. Sedangkan di dalam toko juga dilengkapi dengan tanda jaga jarak.

“Semua karyawan kita juga mengenakan faceshield dan di kasir kita kasih tirai penyekat,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di Toserba WS. Sebelum masuk wajib cuci tangan, pemeriksaan suhu dan masuk dengan tetap menerapkan jaga jarak. Tidak hanya pengunjung, namun juga seluruh pegawai.

“Sejak ada pandemi kami sudah terapkan protokol kesehatan. Tanpa masker pengunjung tidak akan dilayani,” kata pemilik Toserba WS Andri Widya Saputra.


Editor : Kuntadi Kuntadi