Gelombang Tinggi Rusak Bangunan dan Tanggul di Pantai Selatan Kulonprogo

Kuntadi · Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:22:00 WIB
Gelombang Tinggi Rusak Bangunan dan Tanggul di Pantai Selatan Kulonprogo
Warga menunjukkan kondisi kamar mandi di Pantai Glagah yang rusak diterjang gelombang tinggi. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id Gelombang tinggi melanda pantai selatan Kulonprogo Rabu (11/8/2021). Sejumlah bangunan dilaporkan rusak diterjang gelombang. 

“Tadi malam ombaknya cukup besar sampai naik ke atas. Kalau hari ini landai,” kata Sarino, salah seorang warga Glagah, Kamis 912/8/2021).

Empasan gelombang membuat air laut di Pantai Glagah sampai ke daratan. Bahkan di selatan Pos Polairud air sampai di jalan. Sepanjang malam warga yang tinggal di kawasan ini bersiaga dan berjaga. Gelombang mulai mereda setelah dini hari. 

“Sekarang masih tinggi tetapi tidak sebesar tadi malam,” katanya.  

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko mengatakan, gelombang tinggi terjadi antara Pukul 22.00-23.30 WIB. Hampir di sepanjang pantai selatan kondisi air sampai naik di daratan. 

Di kawasan Pantai Glagah gelombang tinggi naik hingga batas tanggul pasiran dan mengakibatkan enam unit warung, tiga kolam renang dan dua kamar mandi milik pelaku wisata rusak. Total kerugian akibat peristiwa ini sekitar Rp17 juta. Sedangkan di sekitar Joglo Labuhan air laut merusak tiga warung.

“Air itu sampai di jalan di utara lokasi parkir,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: