Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Disdagin Kulonprogo Kembangkan Kawasan Industri di Kapanewon

Antara · Kamis, 20 Oktober 2022 - 09:14:00 WIB
Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Disdagin Kulonprogo Kembangkan Kawasan Industri di Kapanewon
Sejumlah Produk UMKM di Kabupaten Kulonprogo. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, akan mengembangkan kawasan industri di 12 kapanewon. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkakan pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa menggerakan perekonomian di masyarakat. 
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo, Sudarna mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat beberapa sektor usaha terkena dampaknya. Sektor yang masih bertahan pada peranian dan IKM. 

"Pembangunan perwilayahan industri meliputi kawasan industri dan sentra yang terkait dengan pembangunan infrastruktur dan keterpaduan dengan pembangunan kepariwisataan," kata Sudarna, Rabu (19/10/2022).

Program ini akan menyasar tiga kapanewon yakni di Kapanewon Kokap, Galir dan Girimulyo. Ketiganya dipilih karena jumlah warga miskinnya masih cukup tinggi. Tidak kalah penting bagaimana meningkatkan status kawasan peruntukan industri Kawasan Peruntukan Industri Nanggulan dan Kawasan Peruntukan Industri Temon. 

”Sasaran pembangunan perwilayahan industri, yakni terbangunnya jasa-jasa industri yang mendukung dan terkait fungsi Bandara YIA,” katanya. 

Selain itu juga bertujuan untuk menghubungkan sepanjang koridor Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), terbangunnya industri yang terkait dan sepanjang koridor akses jalan dari Bandara YIA menuju kawasan Candi Borobudur.

"Pembangunan perwilayahan industri dilakukan dalam rangka menunjang pengembangan industri-industri unggulan Kabupaten Kulonprogo," kata Sudarna.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: