Gubernur akan Lantik 3 Pasangan Bupati-Wabup di DIY, Undangan Dibatasi 25 Orang

Kuntadi ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 13:50:00 WIB
Gubernur akan Lantik 3 Pasangan Bupati-Wabup di DIY, Undangan Dibatasi 25 Orang
Ilustrasi pilkada. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id – Tiga pasangan bupati dan wakil bupati hasil pilkada 2020 di DIY akan dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Bangsal Kepatihan, Jumat (26/2/2021). Undangan yang hadir dalam pelantikan ini sangat terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.  

Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda DIY Sugeng Purwanto mengatakan, total yang boleh menghadiri pelantikan ini hanya sekitar 25 orang. Itu sudah termasuk gubernur dan para pasangan bupati dan wabup yang akan dilantik. Ini sesuai dengan anjuran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) dalam rapat online dengan daerah penyelenggara Pemilu 2020.

“Anjuran dari pak Menteri (Mendagri) memang tidak boleh luring harus daring. Tetapi harus ketat dan tidak lebih dari 25 orang,” kata Sugeng kepada wartawan di Kompleks Kepantihan Yogyakarta, Kamis (25/2/2021).  

Pelaksanaan pelantikan di DIY cenderung lebih mudah karena hanya melibatkan tiga kabupaten. Berbeda dengan daerah lain yang ada 14 kabupaten tentu sangat sulit dilakukan pembatasan dengan jumlah ini. Mereka ada yang harus melaksanakan secara daring. 
 
“Pelantikan besok terpusat di sini (Kepatihan), Forkompinda dan tamu undangan bisa mengikuti secara online di masing-masing lokasi,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2