Gunung Api Nglanggeran Dibuka, Ini Protokol Kesehatan bagi Wisatawan

Kismaya Wibowo ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:10 WIB
Gunung Api Nglanggeran Dibuka, Ini Protokol Kesehatan bagi Wisatawan
Gunung Api Purbo Nglanggeran, Gunungkidul. Foto : dok/iNews.id

GUNUNGKIDUL, iNews.idObjek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul kembali dibuka untuk wisatawan. Pengelola menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipatuhi bagi setiap wisatawan.

Pengelola objek wisata Nglanggeran Agus mengatakan, sebelum dibuka pihaknya telah melakukan uji coba dan simulasi penerapan protokol kesehatan. Mekanisme yang ada sesuai dengan arahan dari Dinas Kesehatan dan dari Dinas Pariwisata.

Setiap wisatawan yang datang akan dicek suhu tubuhnya. Hanya yang normal yang diperbolehkan masuk, sedangkan yang di atas 37,5 akan diminta untuk putar balik. Setiap wisatawan juga wajib mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan.

“Kita mulai buka dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” kata Agus.

Selama berwisata, pengunjung wajib menjaga jarak dan mencegah kerumunan. Pengelola sudah memasang rambu dan imbauan di sejumlah titik. Jam kunjungan bagi wisatawan juga dibatasi, antara pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB dengan jumlah pengunjung per hari maksimal 500 orang.

“Kita juga semprotkan disinfektan setiap hari,” katanya.

Salah seorang wisatawan, Ega Harisma mengatakan, penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan di sejumlah tempat wisata. Sebagai pengunjung dia akan tertib dan mematuhi protokol yang ada, untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kita tidak keberatan dengan protokol kesehatan yang ada,” kata Ega.


Editor : Kuntadi Kuntadi