Gunungkidul Ajukan 9 Destinasi Wisata untuk Uji Coba Pembukaan Terbatas

Kismaya Wibowo · Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:30:00 WIB
Gunungkidul Ajukan 9 Destinasi Wisata untuk Uji Coba Pembukaan Terbatas
Keindahan alam dari puncak Gunung Api Purbo Nglanggeran, Gunungkidul. Foto : Kuntadi/iNews.id

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengajukan penambahan 9 objek wisata untuk melakukan uji coba pembukaan secara terbatas. Surat pengajuan ini sudah ditandatangani bupati dan dikirimkan ke pusat melalui Dinas Pariwisata DIY. 

“Kami sudah ajukan ke pusat lewat Dispar DIY, tetapi hasilnya belum ada,” kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Harry Sukmono. 

Beberapa destinasi wisata yang diajukan ini, di antaranya enam pantai di Kawasan baron-Seruni dan tiga pantai di Kawasan Wediombo. Selain itu juga di Gua Pindul, Desa Wisata Nglanggeran, Gua Kalisuci, Gunung Gentong, Gunung Ireng, Telaga Jonge, dan Bejiharjo Edupark.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, saat bertemu dengan Menteri Parekraf Sandiaga S Uno sudah menyampaikan kondisi pariwisata di DIY. Sandiaga juga mendukung adanya penambahan destinasi yang akan melakukan uji coba. 

“Saya tidak hafal jumlahnya tetapi berada di zona selatan dan utara Gunungkidul. Saya sudah menandatangani pengajuan itu dan tinggal menunggu hasilnya seperti apa,” katanya. 

Sunaryanta mengaku, wilayahnya sebenarnya masuk ke dalam PPKM Level 2. Hanya karena masuk dalam aglomerasi DIY sehingga masih bertahan di Level 3. Pembukaan sangat dinantikan untuk membangkitkan ekonomi.   

 
 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: