Hebat, Mahasiswa UGM Bantu Inovasi Bisnis Kopi di Samosir

Antara ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:37:00 WIB
Hebat, Mahasiswa UGM Bantu Inovasi Bisnis Kopi di Samosir
Mahasiswa KKN-PPM UGM bersama warga pembudidaya kopi menjemur biji kopi di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Kamis (4/8/2022). (Foto : HO Humas UGM)

Meski demikian, pemahaman masyarakat dalam mengelola potensi alam yang dimiliki masih perlu ditingkatkan.

Tahun ini UGM menerjunkan tiga unit Mahasiswa KKN-PPM di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Para mahasiswa KKN-PPM UGM ditempatkan di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Harian, Kecamatan Sianjur Mula Mula, dan Kecamatan Lumban Suhi Suhi Toruan.

Tim KKN merancang program-program untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat dengan mengoptimalkan potensi agrowisata dan ekowisata melalui bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan peternakan yang berbasis ekonomi kreatif.

Ia mengatakan UGM melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi, siap untuk mendukung program-program pemerintah daerah terutama yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyambut baik terus terjalinnya kerja sama antara Pemkab Samosir dan UGM di berbagai bidang.

Menurutnya, program KKN-PPM UGM sangat mendukung visi dan misi Pemkab Samosir dalam mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat di berbagai bidang terutama pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

"Banyak program inovatif dari para akademisi UGM dan mahasiswa KKN PPM UGM. Semoga program-program tersebut semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat di sini. Tak ketinggalan juga akan meningkatkan kualitas produk kopi Samosir sebagai salah satu ikon masyarakat Samosir yang kemudian berdampak pada peningkatan ekonomi," kata Vandiko Timotius Gultom.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: