Helikopter Perang Iran Dekati Kapal Induk Amerika Serikat

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 16 November 2021 - 20:18:00 WIB
 Helikopter Perang Iran Dekati Kapal Induk Amerika Serikat
Kapal induk milik Angkatan Laut AS, USS Essex, saat mengarungi lautan pada 2010 lalu. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) makin 'memanas'. Sebuah helikopter perang milik Angkatan Laut Iran mendekati kapal induk AS di Teluk Oman. 

Heli itu bahkan sempat melakjukan manuver dengan mengitari kapal perang Amerika tersebut sebanyak tiga kali.

Dikutip Alarabiyah pada Selasa (16/11/2021), Sekretaris Pers Departemen Pertahanan AS (Pentagon), John Kirby mengatakan sebuah helikopter Iran mendekati USS Essex di Teluk Oman. 

"Dia (heli itu) beroperasi dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional, terbang sekitar 25 yard (22,9 meter) dari sisi pelabuhan Essex. Pada satu titik, serendah sekitar 10 kaki (3 meter) dari permukaan laut,” ujar John Kirby. 

“Dia mengitari kapal tiga kali... Awak Essex mengambil tindakan perlindungan yang tepat, dan mereka bertindak sesuai dengan hukum internasional. Pada akhirnya, tidak ada dampak pada perlintasan Essex ataupun operasi mereka,” katanya.

Menurut Kirby, aksi heli Iran yang terbang sangat dekat dengan kapal perang AS adalah tindakan yang tidak bijaksana. “Itu benar-benar harus ditanyakan kepada Teheran dan Angkatan Laut Iran (mengapa bertindak seperti itu),” ucapnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: