Hilangkan Rasa Takut, Siswa SLB Diajak Nonton Film Usai Divaksin

Kuntadi ยท Kamis, 30 Desember 2021 - 21:28:00 WIB
Hilangkan Rasa Takut, Siswa SLB Diajak Nonton Film Usai Divaksin
Sejumlah guru menenangkan salah satu siswa SLB saat pelaksanaan vaksinasi di Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Kulonprogo juga menyasar para pelajar sekolah luar biasa (SLB). Untuk menghilangkan rasa takut siswa diajak bersantai sambil menonton film kartun.

Setidaknya ada 67 pelajar SLB Negeri Kulonprogo yang hari ini Kamis (30/12/2021) mendapat suntikan vaksinasi Covid-19. Mereka merupakan penyandang tunarungu, tunagrahita hingga  kelainan fisik. Mereka datang ke sekolah didampingi orang tua. Begitu tiba mereka langsung disambut para guru, dan tenaga kependidikan lainnya. 

“Ada 67 anak yang hari ini terdata untuk divaksin,” kata Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Koordinator Klinik SLB Negeri Kulonprogo, Sumaryati, Kamis (30/12/2021). 

Menurutnya, sebelum pelaksanaan vaksinasi, orang tua dan wali diminta untuk memberikan penyadaran kepada siswa agar mau divaksin. Vaksinasi sangat penting untuk melindungi siswa dari paparan Covid-19. Apalagi salah satu syarat untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) seluruh siswa harus sudah divaksin.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, semua guru, wali kelas dan tenaga kependidikan lainnya diminta untuk mendampingi. Meskipun dalam pelaksanaannya ada yang takut hingga menangis dan berusaha berontak. 

“Untuk menghilangkan trauma, usai divaksin anak-anak kami ajak nonton film di aula sambil kita berikan hadiah dan makanan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: