Hore, Masuk Kaliurang dan Kaliadem saat 17 Agustus Gratis

Antara ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 17:56:00 WIB
 Hore, Masuk Kaliurang dan Kaliadem saat 17 Agustus Gratis
Pengunjung di objek wisata Kaliurang dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki pintu gerbang. Saat 17 Agustus nanti Pemkab Sleman menggratiskan retribusi masuk ke kawasan itu. (Foto: Dispar Sleman)

SLEMAN, iNews.id - Bertepatan dengan 17 Agustus nanti, Dinas Pariwisata Sleman membebaskan retribusi masuk kawasan wisata Kaliurang dan kawasan wisata lereng Gunung Merapi Kaliadem. Ini dilakukan dalam dalam rangka mangayubagyo HUT ke-77 RI. 

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang mengatakan retribusi masuk Kaliurang dan Kaliadem dibebaskan untuk masyarakat umum pada 17 Agustus 2022, mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Menurut dia, selain untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI, tidak dipungutnya retribusi Kaliurang dan Kaliadem ini juga untuk menyemarakan Gelar Budaya yang digelar para pelaku wisata di Kaliurang pada Rabu 17 Agustus di destinasi Nawang Jagad Kaliurang Barat.

"Gelar Budaya dengan rangkaian kegiatan Upacara Bendera yang akan diikuti oleh 130 lebih pelaku Pariwisata Kaliurang pada 17 Agustus 2022. Upacara bendera ini dikemas dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah," katanya, Senin (15/8/2022).

Ia mengatakan, diharapkan dengan tidak dipungut retribusi event bersama ini akan mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan sekaligus menjadi media promosi destinasi Pariwisata Kaliurang dan Kaliadem.

"Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan flash mob Tari Badui oleh peserta upacara," katanya.

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Rini Wahyu Hestari mengatakan Tari Badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman.

"Dalam perform besok, Tari Badui ini dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung atau wisatawan," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: