Industri IT Butuh Jutaan Tenaga Terampil Digital, Peluang Terbuka Lebar

Ainun Najib ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 21:17:00 WIB
 Industri IT Butuh Jutaan Tenaga Terampil Digital, Peluang Terbuka Lebar
Putra Nasution (kanan) dan Eri Kuncoro saat menjadi narasumber talkshow Strategi Memulai Karir di Dunia IT, Jumat (19/8/2022). (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Kebutuhan tenaga terampil digital sangat tinggi. Hal ini tidak diimbahi dengan ketersediaan tenaga terampil yang ada. 

Diperkirakan hingga 2025, Indonesia membutuhkan 1,97 juta juta tenaga terampil digital. Sehingga peluang bagi tenaga kerja terampil digital masih terbuka luas.

“Sayangnya setiap tahun ketersediaan tenaga terampil digital yang siap pakai di Indonesia hanya berkisar angka 600.000 tenaga kerja. Kita ketinggalan jauh,” kata Indonesia VP Marketing Practicum Putra Nasution, Jumat (19/8/2022).

Hal ini disampaikan Putra di hadapan puluhan mahasiswa dalam talkshow bertema ‘Strategi Memulai Karir di Dunia IT Dengan Potensi Gaji 2 Digit Dalam Satu Tahun Bersama Praticum’ yang dilaksanakan di Café Silol. 

Dalam talkshow itu Putra menjadi pembicara utama bersama dengan Co-Founder & CMO Tukoni dan Botika, Eri Kuncoro.

Menurut Putra selain Indonesia, tenaga terampil digital juga dibutuhan oleh negara-negara lain. Dimana World Economic Forum di beberapa negara menyebutkan pekerjaan yang paling diminati di 2021 semuanya dapat dilakukan dari jarak jauh.

Bahkan menburut Putra saat ini paradigma 84 persen pengusaha telah berencana untuk memperluas kerja jarak jauh. 

"Ini  jelas menandakan kebutuhan tenaga kerja di sektor IT bakal terus meningkat,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: