Ini 17 Jenderal Bintang 3 TNI AD, Siapa Calon KSAD ?

Riezky Maulana ยท Senin, 08 November 2021 - 12:40:00 WIB
 Ini 17 Jenderal Bintang 3 TNI AD, Siapa Calon KSAD ?
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin sertijab 7 pejabat utama di Mabesad, Kamis (1/4/2021). (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Mantan Danpaspamres ini akan disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna usai disetujui Komisi I DPR.

Lantas siapakah yang akan menempati jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), posisi yang ditinggalkan Andika. 

Pengamat Militer Universitas Paramadina Anton Aliabbas mengungkapkan, soal pergantian sosok KSAD, siapapun Jenderal TNI AD bintang tiga memiliki kesempatan yang sama untuk menempati posisi tersebut. 

"Kalau soal KSAD, semua perwira bintang 3 di TNI AD punya kans sama untuk jadi KSAD," kata Anton saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Anton tak bisa berbicara panjang mengenai posisi KSAD tersebut. Yang pasti, kata Anton, nantinya Wanjakti TNI AD akan mengusulkan sejumlah nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan jabatan KSAD. "Nanti Wanjakti akan mengusulkan kepada Presiden dan Presiden akan memutuskan," ujar Anton. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus menyebutkan siapapun calon KSAD yang terpilih harus dilihat orientasi dan apakah sudah dipersiapkan oleh Panglima TNI.

"Kalau disiapkan ya, harus cari yang muda, kan gitu kira-kira. Nah sekarang yang muda siapa, lihat saja bintang 3, yang paling muda Pak Eko, Kasum. Kira-kira kalau gak salah dia sampai 2025. Tapi apakah dia yang terjaring, saya nggak tahu, itu masalah internalnya Mabes TNI nanti ya," kata dia di kompleks parlemen, Sabtu (6/11/2021).


Berikut Jenderal bintang tiga berpeluang menjadi KSAD:

1. Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari
Lulusan Akmil 1987

2. Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Letjen TNI Benny Susianto
Lulusan Akmil 1987

3. Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi
Lulusan Akmil 1986

4. Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman
Lulusan Akmil 1988

5. Komandan Kodiklat AD Letjen TNI Anto Mukti Putranto
Lulusan Akmil 1987

6. Komandan Polisi MIliter TNI AD Letjen TNI Chandra Warsenanto Sukotjo
Lulusan Akmil 1988

7.  Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Letjen TNI Arif Rahman
Lulusan Akmil 1988

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: