Ini 5 Senjata Legendaris Kopassus yang Bikin Baret Merah Makin Ditakuti Lawan

Pandika Adi Putra ยท Jumat, 28 Januari 2022 - 07:52:00 WIB
  Ini 5 Senjata Legendaris Kopassus yang Bikin Baret Merah Makin Ditakuti Lawan
Prajurit satuan elite Komando Pasukan Khusus atau Kopassus. (Foto: Pen Kopassus)

JAKARTA, iNews.id - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah pasukan yang ditakuti lawan dan disegani kawan. Kemampuan tempur pasukan Baret Merah ini makin hebat dan ditakuti dengan didukung oleh senjata yang mumpuni.

Ada beberapa senjata legendaris Kopassus yang digunakan sejak awal pembentukannya. 

Kopassus dibentuk berdasarkan UU pada 16 April 1952 sesuai Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III Nomor 55/Instr/PDS/52 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Pasukan elite TNI AD ini memang dibekali senjata-senjata canggih sejak pembentukan pertama, saat itu bernama Kesko TT III/Siliwangi, termasuk salah satunya AK-47, senjata favorit di seluruh dunia.

Berikut 5 senjata legendaris Kopassus:

1. Bren

Senjata yang termasuk dalam kategori senapan mesin ringan (SMR) ini sudah diproduksi sejak 1930 oleh Inggris. Senapan ini dipakai oleh Kopassus sejak 1952 hingga 1991 akhir. 

Senapan ini merupakan hasil modifikasi dari ZB vz buatan Cekoslovakia. Keandalan dan kemampuannya diuji oleh Angkatan Darat Inggris dalam kompetisi senjata api pada 1903.

Bren mulai terkenal saat Perang Dunia II yang dipakai dalam pertempuran Falkland dan Perang Korea. Selain itu senjata ini juga digunakan pasukan Allied Force Netheelands East Indies saat peristiwa berdarah 10 November 1945 di Surabaya.

Kopassus pernah menggunakan senjata ini untuk memberantas pemberontakan dan gerakan separatis di Indonesia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: