Ini 7 Kota dengan Jumlah Janda Muda Terbanyak, Kepoiin Yuk

Sindonews, Melati Pratiwi ยท Jumat, 11 Februari 2022 - 11:27:00 WIB
  Ini 7 Kota dengan Jumlah Janda Muda Terbanyak, Kepoiin Yuk
Tujuh kota di Indonesia ini memiliki jumlah janda muda terbanyak. (Foto Ilustrasi : Sharp)

JAKARTA, iNews.id - Tujuh kota di Indonesia ini memiliki jumlah janda muda terbanyak. Ternyata kasus perceraian di tujuh kota ini banyak didominasi oleh pasangan yang sangat muda yaitu di bawah 30 tahun. 

Di beberapa kota tertentu, jumlah kasus perceraian bahkan mencapai ribuan. Banyak faktor yang mendasari kasus perceraian ini, salah satunya adalah ekonomi. 

Banyaknya kasus perceraian itu menyebakan jumlah wanita menyandang janda muda juga bettambah.

Nah, Berikut daftar kota di Indonesia dengan jumlah janda muda terbanyak seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022). 

 1. Serang, Banten

Kota di Indonesia pertama dengan jumlah janda terbanyak adalah Serang, Banten. Kasus perceraian di Serang begitu tinggi di sepanjang 2020. Ada lebih dari 3.000 wanita yang menyandang status janda di tahun tersebut berdasarkan data Pengadilan Agama Serang. Adapun perceraian didominasi pasangan usia 30 hingga 35 tahun.

2. Lamongan, Jawa Timur

Pada rentang waktu Januari hingga Juni 2021 saja, Lamongan, Jawa Timur terdapat 1587 pengajuan perceraian. Kasus gugatan cerai oleh istri jauh lebih banyak ketimbang cerai talak oleh suami.


3. Banyuwangi, Jawa Timur

Dalam jangka waktu beberapa bulan di 2021, Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi, Jawa Timur mencatat ada ribuan kasus perceraian yakni sebanyak 4.027 perkara. Setiap bulannya, PA Banyuwangi menerima ratusan kasus yang didominasi cerai gugat.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: