Ini Sosok Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Pangdam Jaya yang Urusi Baliho Habib Rizieq

Abdul Rochim ยท Sabtu, 21 November 2020 - 07:53:00 WIB
Ini Sosok Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Pangdam Jaya yang Urusi Baliho Habib Rizieq
Mayor Jenderal (Mayjen) Dudung Abdurachman. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Gara-gara mengurusi baliho Habib Rizieq, nama Dudung Abdurachman viral, bahkan memuncaki daftar trending topic Twitter, Jumat (20/11/2020) siang. Pangdam Jaya berpangkat mayor jenderal TNI itu ramai diperbindangkan netizen dengan tanda pagar atau hashtag #PangdamJaya.

Siapa sebenarnya Mayjen Dudung Abdurachman dan bagaimana sepak terjangnya selama ini? Dikutip dari berbagai sumber terverifikasi, Dudung lahir di Bandung, Jawa Barat pada 16 November 1965. Perwira tinggi TNI AD yang menyandang gelar akademik sarjana ekonomi (SE) dan magister manajemen (MM) itu mengemban amanat sebagai Pangdam Jaya sejak 27 Juli 2020.

Dudung adalah lulusan Akademi Milier (Akmil) 1988 dari kecabangan infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang dua itu adalah gubernur Akmil. Dia terlahir dari pasangan Nasuha dan Nasyati.

Dia menyelesaikan pendidikan dari SD sampai SMA di Kota Bandung (1972-1985). Setelah lulus SMA pada 1985, Dudung mendaftar Akabri Darat. Dia melaksanakan pendidikan Akmil sampai 1988 dengan menyandang pangkat letnan dua (letda).

Pada 1981, ketika masuk kelas 2 SMP, cobaan menghampiri keluarganya karena sang ayah yang bekerja sebagai PNS di lingkungan Bekangdam III/Siliwangi, meninggal dunia.

Editor : Ainun Najib