Inovasi Irigasi Tetes, Mampu Tingkatkan Produksi Cabai di Sleman 1 Ton Per Hektar

Priyo Setyawan ยท Kamis, 08 April 2021 - 17:29:00 WIB
Inovasi Irigasi Tetes, Mampu Tingkatkan Produksi Cabai di Sleman 1 Ton Per Hektar
Bupati Sleman meresmikan demplot irigasi tetes komiditas cabai Perkumpulan Petani Hortikultura Puncak Merapi, Ngepas, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Kamis (8/4/2021).

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengembangkan inovasi demonstrasi plot (demplot) Irigasi Tetes Komoditas Cabai di lahan Perkumpulan Petani Hortikultura Puncak Merapi Ngepas, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Inovasi tersebut diklaim dapat meningkatkan produksi cabai hingga 1 ton per haktare (Ha).  

Bupati Sleman Kustini mengatakan, inovasi irigasi tetes ini  memanfaatkan teknologi untuk pengembangan dan meningkatan produksi pertanian khususnya produk cabai. Konsepnya menggunakan teknologi tepat guna yang diharapkan mampu menarik minat generasi muda menekuni bisnis pertanian.  

“Inovasi ini diharapkan bisa mendorong generasi milenial untuk terjun di dunia pertanian menjadi petani milenial,” kata  Kustini saat meresmikan demplot ini, Kamis (8/4/2021). 

Teknologi ini mampu memetakan kebutuhan air sesuai jenis tanaman. Kebutuhan air akan disesuaikan dengan jenis dan umur tanaman sehingga akan mengoptimalkan biaya produksi. Endingnya petani akan mendapatkan keuntungan maksimal.   

“Dengan bisa meminimalkan biaya penanaman, diharapkan petani Sleman semakin makmur,” terangnya

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2