Inovasi Layanan Kependudukan, Kapanewon Cangkringan Sleman Luncurkan Kado Manten dan Sweet 17

Priyo Setyawan ยท Rabu, 07 April 2021 - 17:25:00 WIB
Inovasi Layanan Kependudukan, Kapanewon Cangkringan Sleman Luncurkan Kado Manten dan Sweet 17
Bupati Sleman Kustini memberikan sambutan saat peluncuran inovasi layanan kependudukan Kapanewon Cangkringan, Sleman, Rabu (7/4/2021). (Foto: iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id - Kapenewon  Cangkringan, Sleman meluncurkan dua inovasi layanan kependudukan berupa Kado Manten dan Sweet 17. Kado Manten berupa layanan administasi bagi warga yang menikah, sedangkan Sweet 17 berupa layanan KTP bagi warga yang sudah berusia 17 tahun.

Panewu Cangkringan Suparmono mengatakan ide awal membuat inovasi Kado Manten, karena  banyak  pasangan yang baru menikah tidak  segera  mengurus dokumen kependudukan keluarga. Biasanya mengurus setelah memiliki anak untuk proses pembuatan akta kelahiran anak.

“Karena itu perlu solusi untuk mempermudah layanan administrasi kependudukan,”  kata Suparmono, Rabu (7/4/2021).
 
Melalui inovasi ini warga yang melakukan pernikahan akan langsung mendapatkan dokumen kependudukan yang baru. Seperti kartu tanda penduduk (KTP) dengan status yang sudah berubah dan kartu keluarga (KK) yang sudah terpisah dengan orang bagi pasangan pengantin tersebut.
 
“Jadi selesai menikah langsung mendapatkan dokumen kependudukan yang lengkap,” kata Suparmono.

Sedangkan untuk inovasi sweet 17, untuk memberikan layanan pembuatan KTP bagi warga Cangkringan yang baru berusia 17 tahun. Dengan layanan ini, warga yang  mengurus KTP hanya membutuhkan waktu tiga jam untuk proses pembuatan  KTP.
 
“Warga datang, kemudian foto tunggu selesai pulang membawa KTP,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2