Jadi Tersangka, Korban Penganiayaan di Hollywings Gugat Praperadilan Polda DIY

erfan erlin ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 22:30:00 WIB
Jadi Tersangka, Korban Penganiayaan di Hollywings Gugat Praperadilan Polda DIY
Kuasa hukum Brian Yoga Kusuma, menunjukkan surat dari LPSK yang melindungi kliennya (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Polda DIY digugat praperadilan oleh kuasa hukum Brian Yoga Kusuma, korban penganiayaan di kafe Holywings Sleman. Saat ini sidang gugatan sudah digelar di Pengadilan Negeri Sleman. 

Kuasa Hukum Brian, Duke Ari Widagdo mengatakan, kliennya dalam perkara ini sebenarnya adalah korban. Namun polda DIY justru menetapkannya sebagai tersangka pelaku penganiayaan dan pengeroyokan yang dinilai cacat hukum. 
 
“Kami ajukan gugatan praperadilan pada 30 Oktober. Sekarang sudah mulai disidangkan,” katanya, Kamis (1/12/2022). 

Menurut dia ada beberapa kejanggalan dalam penetapan kliennya sebagai tersangka. Penetapan ini juga dirasa tidak lazim dan memenuhi ketentuan dan aturan hukum.  
 
Selama ini, Polda DIY tidak pernah melakukan pemanggilan terhadap kliennya dalam tahap penyelidikan. Dia tidak pernah dimintai klarifikasi terhadap penetapan tersangka. Hal ini dirasakan sebagai kejanggalan.

Sesuai peraturan KUHAP dan Peraturan Kapolri tahun 2019 menyebutkan undangan klarifikasi untuk penetapan tersangka harus dilakukan. Namun hal tersebut tidak pernah dilakukan sehingga kliennya tidak pernah memberikan keterangan dalam penyelidikan.

Kemudian dalam tahap penyidikan sesuai putusan MK nomor 21 tahun 2015 itu mewajibkan penyidik untuk melakukan pemanggilan terhadap calon tersangka. Dan ini juga tidak dilakukan oleh penyidik. 

“Klien saya itu dipanggil sebagai saksi tiba-tiba ditetapkan sebagai tersangka,”ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: