Jaga Pelestarian Ekosistem Perairan, DKP Kulonprogo Tebar 3.750 Ekor Ikan

Antara ยท Kamis, 12 Mei 2022 - 19:55:00 WIB
 Jaga Pelestarian Ekosistem Perairan, DKP Kulonprogo Tebar 3.750 Ekor Ikan
Bupati Kulonprogo Sutedjo melakukan tebar benih ikan di Cekdam Kijan, Desa Demangrejo, Kulonprogo. (Foto : HO-Dokumen DKP Kulonprogo)

KULONPROGO, iNews.id- Untuk menjaga kelestarian ekosistem Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo menebar ribuan benih ikan di perairan umum. Langkah ini juga untuk memotivasi kelompok masyarakat dalam mengelola perairan umum secara berkesinambungan.

"DKP melaksanakan restocking penebaran benih ikan di Cekdam Kijan, Desa Demangrejo," Kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Trenggono Trimulyo di Kulonprogo, Kamis (12/5/2022).

Restocking adalah menebarkan kembali  jenis ikan yang menurut sejarahnya mendiami suatu perairan dan karena sesuatu sebab terjadi penurunan populasi.  

"Kami menebar benih ikan tawes sebanyak 3.750 ekor. Jenis ikan yang dipilih tawes karena jenis ikan tersebut bukan jenis ikan invasive dan mudah berkembang biak," kata Trenggono.

Trenggono mengatakan kegiatan tebar benih ikan di Cekdam Kijan Demangrejo ini merupakan langkah dalam mendukung program Jaga Komitmen Warga untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo (JAGA KALIKU). 

Yaitu sebuah program untuk menjaga, mengawasi dan mengelola perairan umum berupa sungai, selokan, embung dan waduk di Kabupaten Kulon Progo.

Dengan penebaran benih ikan tersebut diharapkan sumber daya ikannya lestari, dan masyarakat  tidak melakukan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

"Jika kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan ini terus dilakukan, maka semua jenis ikan yang hidup di lingkungan tersebut pasti akan mati. Sehingga kami melakukan upaya penebaran benih di perairan umum," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: