Jelang Idul Adha, Pemkab Kulonprogo Pastikan Sembako Aman

Budi Utomo ยท Senin, 04 Juli 2022 - 20:20:00 WIB
Jelang Idul Adha, Pemkab Kulonprogo Pastikan Sembako Aman
Seorang pedagang di Pasar Wates menyortir bawang putih yang dijual. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menjamin ketersediaan bahan makanan pokok menjelang Idul Adha 1443 Hijriah. Dinas Pertanian dan Pangan akan diterjunkan untuk melakukan pemantauan pemotongan hewan kurban

“Dari laporan tadi, 13 bahan pangan pokok stoknya aman,” kata PJ Bupati Tri Saktiyana usai memimpin rapat koordinasi Forkompinda di Ruang Menoreh, Pemkab Kulonprogo, Senin (4/7/2022). 

Rakor ini untuk memastikan perayaan Idul Adha berjalan dengan aman dan tentram. Salah satunya untuk memastikan prosedur pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah penanganan wabah PMK.

"Kami yakin Idul Ahda Tahun 2022 ini semuanya bisa berjalan dengan lancar," kata Tri.

Dinas Pertanian dan Pangan telah diminta untuk menyiapkan standar prosedur dan juga tim untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Tim ini untuk memastikan kondisi hewan sehat dan layak sebelum disembelih. 
 
Di sisi lain, Tri juga mengimbau masyarakat untuk dapat merayakan Idul Adha dengan mengutamakan keamanan, ketentraman lingkungan dan kerukunan antar masyarakat. Pelaksanaan takbir keliling dapat digelar diwilayah atau lingkungan kalurahan masing-masing dan untuk diatur sedemikan rupa untuk mempermudah pengawasan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: