Jelang Kebumen Internasional Expo, Pemkab Gelar Kenduri Massal dengan 10.009 Besek

Joe Hartoyo ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 20:18:00 WIB
Jelang Kebumen Internasional Expo, Pemkab Gelar Kenduri Massal dengan 10.009 Besek
Pemkab Kebumen menggelar kenduri besekan massal dengan 10.009 besek. (foto: istimewa)

Jelang Kebumen Internasional Expo, Pemkab Gelar Kenduri Massal dengan 10.009 Besek

KEBUMEN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menggelar kenduri massal menyambut pelaksanaan Kebumen International Expo (KIE) di Pendopo Kabumian, Jumat (17/6/2022). Peserta yang datang dari Camat hingga ketua RT dengan membawa 10.009 nasi urap yang dikemas dengan besek. 

Kenduri massal ini tidak hanya di pendopo Kabumian, namun juga dilaksanakan pendopo di seluruh kecamatan di Kebumen. Peserta datang menggunakan baju warna putih, bercelana panjang dan peci hitam. Mereka juga membawa besek berisi nasi dengan sayur urap, telur, tau/tempe dan peyek serta buah lokal. 

“Total ada 10.009 besek. Kenduri ini sebagai ungkapan rasa syukur mereka datang berdoa dan makan bersama,” kata Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Jumat (17/6/2022).  

Kegiatan ini juga menjadi wujud kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat Kebumen yang dikenal sangat kuat dan toleran. Melalui kenduri massal yang disertai doa dan tahlil diharapkan bisa mewujudkan Kebumen yang lebih sejahtera.

“Alhamdulillah Kebumen masyarakatnya guyub rukun, penuh kebersamaan, kekompakan sehingga pembangunan bisa berjalan lancar," kata bupati. 

Kenduri massal ini juga menjadi berkah bagi perajin besek, dan pemilik kebun bambu. Besek yang terbuat dari anyaman bambu harganya murah dan ramah lingkungan. 

“Kegiatan seperti ini harus tetap dijaga dan dilestarikan karena bisa menggerakan perekonomian,” katanya. 

Kebumen bakal mengadakan KIE, sebuah event terbesar yang belum pernah ada di Kebumen. Gelaran ini bakal menampilkan berbagai produk UMKM, pertunjukan seni dan budaya, termasuk mendatangkan artis-artis papan atas untuk konser bersama.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: