Jelang Pilkada, KPU DIY Cek Kesiapan Protokol Kesehatan di 6.110 TPS

Antara ยท Minggu, 22 November 2020 - 09:44:00 WIB
Jelang Pilkada, KPU DIY Cek Kesiapan Protokol Kesehatan di 6.110 TPS
Simulasi pemeriksaan suhu tubuh di TPS jelang Pilkada serentak di DIY. (Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan kesiapan protokol kesehatan di 6.110 TPS jelang Pilkada 9 Desember 2020. Seluruh kelengkapan protokol kesehatan saat ini telah siap untuk didistribusikan.

"Sarana protokol kesehatan seperti sarung tangan dan lainnya sudah siap semua di masing-masing kabupaten tinggal didistribusikan ke TPS," kata Komisioner KPU DIY, Ahmad Shidqi, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, berbagai sarana terkait pencegahan Covid-19 yang harus tersedia di setiap TPS meliputi thermo gun, tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Kemudian TPS juga wajib memastikan alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, serta face shield (pelindung wajah).

Dia mengatakan, seluruh logistik pemilu dan protokol kesehatan sudah harus tersedia di TPS paling lambat H-1.

"Karena cuci tangan wajib tentu kami sediakan tempat cuci tangan di semua TPS dengan sabun dan air yang mengalir. Masker juga kami sediakan kalau pemilih tidak membawa masker," katanya.

Dia mengatakan untuk 20 hari ke depan, konsentrasi KPU memastikan logisitik telah siap. Sebagai contoh, kata dia, untuk Kabupaten Bantul telah mulai melakukan pelipatan surat suara.

"Selama 20 hari ke depan kita akan konsentrasi pada manajemen pengelolaan logistik," kata dia.


Editor : Reza Yunanto