Jet Tempur Berhasil Ditembak Jatuh KKB

Anton Suhartono ยท Senin, 19 Juli 2021 - 21:21:00 WIB
 Jet Tempur Berhasil Ditembak Jatuh KKB
Jet tempur Alpha Angkatan Udara Nigeria, Minggu (18/7/2021) ditembak jatuh kelompok kriminal bersenjata (KKB). (Foto: Milli Chronicle)

ABUJA, iNews.id - Jet tempur Alpha Angkatan Udara Nigeria, Minggu (18/7/2021) ditembak jatuh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pilot selamat setelah keluar menggunakan kursi pelontar.

Angkatan Udara Nigeria menyatakan, pesawat jatuh di Negara Bagian Zamfara dalam penerbangan pulang dari misi di perbatasan Zamfara dan Kaduna.

Zamfara dan Kaduna termasuk negara bagian paling parah dengan kriminalitas, termasuk penculikan massal anak sekolah serta perampokan bersenjata. Kejahatan tersebut biasanya dilakukan kelompok bersenjata yang dikenal warga sebagai bandit.

"(Jet) Terkena tembakan terus menerus dari musuh yang menyebabkan jatuh," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Senin (19/7/2021).

Pilot, Abayomi Dairo, berhasil menyelamatkan diri dengan kursi pelontar lalu bersembunyi hingga akhirnya berjalan ke markas tentara dalam kegelapan.

Militer Nigeria mengubah strategi melawan para bandit menggunakan serangan udara. Selama 2 pekan terakhir, jet-jet tempur terbang setiap hari dan setiap malam di Zamfara, Kaduna, serta Katsina berhasil melumpuhkan ratusan bandit.

Editor : Ainun Najib