Perindo DIY Kerahkan Ambulans Antar Jemput Pasien Covid-19 dan Bawa Jenazah ke Permakaman

Priyo Setyawan · Senin, 19 Juli 2021 - 20:28:00 WIB
Perindo DIY Kerahkan Ambulans Antar Jemput Pasien Covid-19 dan Bawa Jenazah ke Permakaman
Ambulans Perindo DIY saat mengantarkan jenazah pasien Covid-19 ke permakaman. (Foto: Dok Perindo DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Partai Perindo DIY menunjukkan kepeduliannya dalam membantu pemerintah menangani kasus Covid-19. Salah satunya mengerahkan sejumlah ambulans untuk mengantar jemput pasien Covid-19 dari tempat tinggal ke rumah sakit maupun sebaliknya dan ke lokasi permakaman. 

Ketua Partai Perindo DIY, Yuni Astuti mengatakan, ada empat ambulans yang diterjunkan untuk membantu mobilisasi antar jemput pasien dan jenazah pasien Covid-19.  Tiga ambulans siap sedia di Yogyakarta untuk  membantu masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Satu ambulans lagi di Gunungkidul untuk membantu mobilitas warga di sana yang dikelola oleh DPD Perindo Gunungkidul.

“Kami mengandeng relawan untuk kegiatan ini. Guna melindungi dari penularan Covid-19, semua dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Yuni, Senin (19/7/2021) malam.

Yuni menjelaskan sambutan masyarakat ternyata cukup antusias dengan bantuan ambulans Perindo DIY ini. Terbukti sejak diumumkan, banyak masyarakat yang merespons meminta bantuan ambulans.

Warga membutuhkan ambulans itu, baik untuk mengantar pasien ke rumah sakit, membawa pulang ke rumah dan membawa pasien yang meninggal ke permakaman. “Rata-rata satu ambulans bisa tiga sampai empat kali bolak-balik melayani permintaan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Yuni, karena banyaknya permintaan tersebut, Perindo sampai kewalahan untuk memberikan layanan. Pihaknya tidak bisa memenuhi permintaan dari kalurahan yang meminta agar ambulans stand by di kantor kalurahan sebab wilayahnya masuk zona hitam. Ini karena ambulans Perindo DIY mobile tidak bisa hanya melayani satu tempat dan memberikan layanan selama 24 jam penuh.

“Bantuan mobil  ambulans Perindo DIY, tidak lepas dari peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Sebab, mereka yang mengumumkan ke masyarakat. Sejak diumumkan langsung mendapat sambutan yang luar biasa,” katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2