Jokowi Kurban 2 Sapi di DIY, Disembelih di Istana Kepresidenan dan Masjid Al Iman

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 13:35 WIB
Jokowi Kurban 2 Sapi di DIY, Disembelih di Istana Kepresidenan dan Masjid Al Iman
Preisden Jokowi kurban dua ekor sapi di DIY. (Foto: Humas pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id – Dua ekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan disembelih di DIY. Satu ekor akan disembelih di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung dan di Masjid Al Iman di Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

“Ada dua ekor sapi kurban bantuan dari presiden yang akan disembelih di Gedung Agung dan di Kulonprogo,” kata Kepala Biro Mental Spiritual, Setda DIY Maladi, di Bangsal Kepatihan Kompleks Pemda DIY, Kamis (30/7/2020).

Kedua sapi kurban presiden ini, masing-masing memiliki bobot sekitar 1 ton. Pada penimbangan sepekan lalu bobotnya sudah sekitar 999,7 kilogram. Kemungkinan dalam beberapa hari pemeliharaan akan mengalami peningkatan. Sapi ini telah melalui serangkaian seleksi secara ketat dan diawasi dari Kementerian Pertanian.

Terkait dengan penentuan tempat pemotongan hewan kurban dari Presiden Jokowi, setiap tahunnya dilakukan secara bergiliran di lima kabupaten/kota. Nantinya akan dikoordinasikan dengan pemkab/pemkot setempat.

Rencananya penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan pada Jumat (31/7/2020). Total sapi kurban yang dikelola Pemda DIY ada sembilan ekor, termasuk dua ekor sapi dari presiden. Sebanyak tujuh ekor lainnya merupakan sapi kurban gubernur dan wakil gubernur.

Dua sapi kurban dari gubernur dan wagub diserahkan kepada Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dan Masjid Agung Puro Pakualaman. Lima ekor lainnya di Masjid Pangeran Diponegoro, Balaikota, Masjid Al Barokah Sleman, Masjid Al Amin Kulonprogo, Masjid Nurul Huda Bantul dan Masjid Muttaqin Gunungkidul.


Editor : Kuntadi Kuntadi